6 Museum Unik Yang Ada Di Tokyo

Kota Tokyo adalah kota yang merupakan ibukota dari negara Jepang yang berada di bagian tengah pulau Honshu. Tokyo merupakan sebuah kota metropolitan di Jepang yang terletak di sebelah teluk Tokyo dan menghadap ke samudra Pasifik. Sebagai kota metropolis, Tokyo memiliki penduduk lebih dari 13 juta jiwa dan merupakan salah satu kota terpadat di dunia.

Menjadi kota dengan penduduk terbesar di dunia, tentunya Tokyo memiliki berbagai tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Ada banyak jenis tempat wisata di Tokyo yang menarik untuk dikunjungi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Salah satu jenis objek wisata yang unik di Tokyo adalah berbagai macam museum unik yang tersebar di beberapa tempat disana.

Berikut adalah beberapa museum unik di kota Tokyo yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik turis lokal maupun turis mancanegara:

Museum Ghibli

Museum Ghibli adalah salah satu museum yang didedikasikan untuk hasil karya dari salah satu studio animasi Ghibli. Pembangunan museum dimulai sejak awal tahun 2000-an dan berlokasi di Inokashira Park, Mikata di sebelah barat Tokyo. Disini terdapat replika dari beberapa tokoh dari animasi film-film Ghibli dan pemutaran film pendek dari beberapa film Ghibli.

Museum Hall of Fame Baseball

Museum Hall of Fame Baseball adalah museum yang terdiri dari perpustakaan, ruang referensi dan hall of fame baseball di Jepang. Bangunan museum ini didedikasikan untuk sejarah perkembangan baseball di Jepang dan berlokasi di area Tokyo Dome, kota Tokyo. Para pengunjung bisa melihat dan mempelajari sejarah dan perkembangan baseball di Jepang termasuk berbagai momen penting dalam baseball Jepang.

Museum Pedang Jepang

Museum Pedang Jepang adalah museum kecil di Tokyo yang khusus memamerkan seni pembuatan pedang jepang yang disebut katana. Lokasi awalnya berada di Shibuya dari tahun 1978 hingga 2017 dan kemudian berpindah lokasi di Sumida sejak tahun 2018. Pengunjung bisa melihat dan menikmati lebih dari 150 koleksi persenjataan Jepang kuno seperti pedang, tosugu, dan yoroi disini.

Museum Parasitological

Museum Parasitological adalah sebuah museum sains yang fokus pada ilmu medis yang berada di daerah Meguro, Tokyo. Pembangunannya pertama kali dilakukan oleh Satoru Kamegai tahun 1953 yang kemudian pindah di lokasi saat ini sejak tahun 1993. Tujuan utama pembangunan museum ini adalah untuk mengenalkan berbagai jenis parasit dan ilmu parasitologi kepada masyarakat luas.

Museum Jam Daimyo

Museum Jam Daimyo adalah museum di kawasan Taito di Tokyo yang telah ada berdiri tahun 1972. Didirikan oleh Sakujiro Kamiguchi, museum ini berisi koleksi jam Jepang sejak zaman Edo yang dimiliki oleh sang pendiri museum. Saat ini, museum ini merupakan satu-satunya museum yang memamerkan koleksi jam Jepang dengan jumlah koleksi terdiri dari sekitar 200 item.

Museum Mata Uang

Museum Mata Uang adalah sebuah museum menarik dan unik yang ada di bangunan Bank of Japan, Chuo, Tokyo. Para turis bisa mempelajari dan melihat sejarah perkembangan mata uang Jepang serta berbagai mata uang dari beberapa belahan dunia. Tahun 2010 lalu, Museum Mata Uang ini pernah memamerkan berbagai jenis dompet dari zaman Edo serta era Meiji.

Keenam museum diatas adalah beberapa jenis museum yang ada di Tokyo dengan keunikan masing-masing dan jarang ada di tempat lain. Bagi para wisatawan penggemar sejarah serta penyuka keunikan, akan sangat tertarik untuk berkunjung ke museum-museum tersebut. Untuk wisatawan dari Indonesia biasanya bisa menggunakan paket wisata Asia yang menawarkan tour ke beberapa tempat unik di Jepang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *